PERAN UNIT KERJA REKAM MEDIS DALAM IMPLEMENTASI REKAM KESEHATAN ELEKTRONIK DI RUMAH SAKIT
Rekam medis adalah keterangan baik yang tertulis maupun terekam tentang identitas ,
anamnesa,penentuan fisik , laboratorium, diagnosa segala pelayanan dan tindakan medik
yang diberikan kepada pasien dan pengobatan baik yang dirawat inap , rawat jalan maupun
yang mendapatkan pelayanan gawat darurat 1.
Rekam medis mempunyai pengertian yang sangat luas , tidak hanya sekedar kegiatan
pencatatan, akan tetapi mempunyai pengertian sebagai suatu sistem penyelenggaraan rekam
medis yaitu mulai pencatatan selama pasien mendapatkan pelayanan medik , dilanjutkan
dengan penanganan berkas rekam medis yang meliputi penyelenggaraan penyimpanan serta
PENDAHULUAN
PARADIGMA REKAM MEDIS ,MANAJEMEN INFORMSI KESEHATAN (RM-MIK)
- KEMAJUAN IT
- TUNTUTAN IPTEK & PRAKTISI KESEHATAN
- PENDORONG PENGAMBILAN KEPUTUSAN
- Paper-based record) menjadi butiran informasi (Computer-based environment).
- melalui media elektronis (e-health,) yaitumenggunakan rekam kesehatan elektronik (RKE)
TUJUAN
- PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN AHLI RMIK DALAM ERA RKE
- Praktik RMIK terintegrasi dalam cakupan pelayanan kesehatan yang luas untuk proses pengambilan keputusan.
- Profesional RMIK mengetahui berbagai peran sesuai standar profesi
ASPEK HUKUM
- UU NO. 29/2004 – PRAKTIK KEDOKTERAN
- UU NO. 11/2008 - ITE
- UU NO. 14/2008 - KIP
- UU NO. 43/2009 – kearsiapan
- PP 32 / 1996 – TENAGA KESEHATAN
- KEPMENKES 135.2004 – JABATAN FUNGSIONAL TENAGA PEREKAM MEDIS
- KEPMENKES 377/2007 – STANDAR PROFESI RM
- PERMENKES 269/2008 – REKAM MEDIS
- PERMENKES 290/2008 – TINDAKAN KEDOKTERAN
AHLI REKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN (RMIK)
Seorang profesi yang mengaplikasikan pengetahuan klinis, teknologi informasi, manajemen data base, dan
rekam kesehatan berdasarkan kebutuhan perencanaan pelayanan kesehatan dan pengambilan keputusan
manajemen dengan tujuan administrasi dan terkait aspek hukum, riset dalam melakukan indentifikasi untuk trend penyakit dan evaluasi standar dan mutu pelayanan pasien
FUNGSI REKAM MEDIS SAAT INI
- PENDAFTARAN PASIEN
- PERMINTAAN DAN DISTRIBUSI RM
- PENYIMPANAN
- ASEMBLING
- CODING
- PENGENDALIAN RM
- STATISTIK
- TRANSKRIP MEDIS/RESUME
- QUALITY ASSURANCE
- Sasaran Mutu (Logbook)
- Sistem Perjanjian (elektronik)
- Evaluasi Formulir
- Monitoring KLPCM
KEGIATAN LAINYA
INTERNAL :
- Sistem Perjanjian (elektronik)
- Evaluasi Formulir
- Monitoring KLPCM
KEGIATAN LAINYA
INTERNAL :
- CASEMIX DATA ENTRY (JAMKESMAS)
- Asistensi EVALUASI CLINICAL
- PATHWAY
- AUDIT CODING
- Asistensi AUDIT KLINIS/MEDIS
- MEMBANTU RISET
- BIMBINGAN MAGANG
KEGIATAN EXSTERNAL
REGISTRASI (DEPKES & DINKES)
• SRIKANDI (CANCER REGISTRY)
• HIV/AIDS (DINKES)
• IMUNISASI (DINKES)
• KERACUNAN (POM)
SMPK (SErtifikat Medis Penyebab Kematian)
(LITBANGKES & PROG.100 HR MENKES)
SURVEYLANS (DEPKES & DINKES)
• LAPORAN KLB
• LAPORAN PTM
• LAPORAN HARIAN ROLL CALL
7 KOPETENSI REKAM MEDIS
- Klasifikasi dan kodifikasi penyakit masalah masalah yang berkaitan dengan kesehatan dan tindakan medis
- Aspek Hukum
- Manajemen Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
- Menjaga Mutu Rekam Medis
- Statistik Kesehatan
- Manajemen Unit Rekam Medis dan Informasi Kesehatan
- Kemitraan Profesi
MENURUT ILO...
- Occupational Employment and Wages, May
- 2008
- 29-2071 Medical Records and Health Information Technicians
- Compile, process, and maintain medical records of hospital and clinic patients in a manner consistent with medical, administrative, ethical, legal, and regulatory requirements of the health care system. Process, maintain, compile, and report patient information for health requirements and standards.
BPS-USA
ILO Medical Record and Health Information Technician ( http://ILO/Health management and support workers)
BPS – USA Medical Record and Health Information Technician
MENUJU ERA RKE
ILO Medical Record and Health Information Technician ( http://ILO/Health management and support workers)
BPS – USA Medical Record and Health Information Technician
MENUJU ERA RKE
The Transition Of HIM Profesional responsibilities in the Hybrid Environment
Tanggung Jawab ahli RMIK dalam lingkup hybrid RKE
- Ahli RMIK akan melayani informasi kesehatan pasien yang berkaitan dengan media lain seperti film, video, kertas dan media lain)
- Ahli RMIK akan membangun dan mengembangkan kebijakan dan prosedur, sistem dan keamanan data untuk menilai bahwa informasi kesehatan tersebut terdokumentasi, terpelihara dan aman dalam kaitannya dengan semua aspek hukum dan peraturan termasuk standard
- Ahli RMIK akan memelihara sumber data untuk Laporan atau permintaan jenis informasi yang beragam dari the hybrid health record.
- Ahli RMIK harus melakukan evaluasi dan validasi otorisasi dan permintaan informasi kesehatan pasien, dipastikan bahwa sumber yang menggunakan adalah memang yang berwenang di dalam organisasi / RS
- Ahli RMIK akan berpartisipasi aktif secara periodic melakukan penilaian atas kebijakan dan prosedur untuk akses dan pengularan informasi (ROI)
- Ahli RMIK akan menilai standarisasi dan memelihara terus menerus semua jenis form (paper-based) atau templates (electronic)
- Ahli RMIK akan bertindak sebagai peran kunci dalam menilai fungsi sistem RKE dan tanggap sebagai Ahli RMIK yang selalu menunjang bisnis proses pelayanan di organisasi/RS
HIM: A Unique Blend of
Experience
The diagram offers a visual representation of how skills and
education overlap to make HIM professionals uniquely qualified to assume careers in the world of e- HIM.
Ahli RMIK harus menantang diri untuk terus mengevaluasi dan meningkatkan keterampilan dan keahlian mereka untuk mengimbangi dan berhasil dalam dunia praktek HIM virtual. karir HIM saat ini mempekerjakan keahlian dalam keterampilan klinis, keterampilan kepemimpinan dan manajemen, pengetahuan tentang IT
From Paper to Hybrid to Electronic
- Proses transformasi ada 3 tahapan:
- Rekam medis kertas
- Masa transisi : hybrid system antara kertas dan RKE
- Tahapan selanjutnya RKE
TRANSFORMASI RKE di INDONESIA
- REKAM MEDIS TRADISIONAL/MANUAL
- REKAM MEDIS + REGISTRASI KOMPUTER
- PENYELENGGARAAN REKAM MEDIS TERKOMPUTERISASI
- REKAM MEDIS ELEKTRONIK DENGAN LAN (SIM-RS)
- REKAM KESEHATAN ELEKTRONIK (WAN)
Transformasi FUNGSI PELAYANAN RM
Analisis, abstrak, perakitan, catatan penting,coding, pelaporan data, kualitas data dan integritas, manajemen penyangkalan, identifikasi dokumen, pelatihan dokumentasi, desain bentuk, penyelesaian grafik, pemeliharaan MPI , pelepasan informasi,pemeliharaan charge master, dan manajemen siklus pendapatan.
Masing-masing fungsi akan menjadi efisien,diciptakan kembali, atau dibuang sebagai fungsi HIM berevolusi dari kertas ke hybrid untuk elektronik.
FUNGSI BARU AHLI RMIK (masa transisi era RKE )
- Menganalisis dan memvisualisasikan semua fungsi Ahli RMIK, yang didokumentasikan dan tidak terdokumentasikan, intradepartment dan antardepartemen,
- Memetakan transformasi praktek RMI adalah kunci dalam transformasi ke e-HIM.
Pengelolaan Rekam Medis (Paper Based)
PENGELOLAAN REKAM MEDIS Non Aktif
ALIH MEDIA
ANALISA DATA RM KERTAS KE RKE
PETUGAS CODING….
PERSIAPAN TENAGA RMIK
- OPTIMALISASI MENJALIN KEMITRAAN UNTUK BEKERJA MULTIDISIPLIN (DOKTER, NAKES LAIN, FARMASI, LAB, PERAWAT, KEUANGAN)
- PENINGKATAN PENGETAHUAN & KETRAMPILAN DALAM PENGEMBANGAN IPTEK
- MAMPU DALAM TEKNOLOGI KOMPUTER DAN DATABASES DAN JARINGAN INTERNET UTUK SHARE INFORMATION
- PENINGKATAN JENJANG PENDIDIKAN
Pendidikan berkelanjutan RM dalam menyongsong era RKE
- Technology Application of existing & emerging Management Development
- Application of organization Management theory and practice
- Clinical Data Management
- Study of fundamental organization changes :
• External Forces
• Knowledge and strategies the organization of HIM professional in particular
• Clinical Foundation
• Understanding of human anatomy anf physiology
POA DPP PORMIKI
• Knowledge and strategies the organization of HIM professional in particular
• Clinical Foundation
• Understanding of human anatomy anf physiology
POA DPP PORMIKI
higher level qualifications or competencies
AHLI RMIK DI LUAR NEGERI
Aspek kunci :
Pengembangan dan penggunaan Sistem Informasi kesehatan
Termasuk medical record procedures, forms design, health
statistics, and quality assurance, pengenalan aplikasi microcomputing, international disease classifications systems ICD 10, medical terminology and management.
epidemiology, casemix, evaluation and health informatics.
KESIMPULAN
Aspek kunci :
Pengembangan dan penggunaan Sistem Informasi kesehatan
Termasuk medical record procedures, forms design, health
statistics, and quality assurance, pengenalan aplikasi microcomputing, international disease classifications systems ICD 10, medical terminology and management.
epidemiology, casemix, evaluation and health informatics.
KESIMPULAN
- MERUBAH BUDAYA KERJA
- SELALU MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN KETRAMPILAN
- PENINGKATAN JENJANG PENDIDIKAN
- EVALUASI KURIKULUM BERBASIS IPTEK
- KESESUAIAN PROGRAM PENDIDIKAN
Comments