Di Dalam rumah sakit terdapat organisasi dan mana jemen kesehatan yang mengacu pada sistem informasi kesehatan rumah sakit (SIR )
Pengertian sistem informasi kesehatan ( SIR )
sistem informasi kesehatan merupakan suatu pengolahan informasi seluruh tingkat pemerintahan secara sistematis dalam rangka penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat .
sistem informasi kesehatan adalah gabungan perangkat dan proseur yang di gunakan untuk mengelola siklus informasi ( mulai dari pengumpulan data sampai pemberian umpan balik informasi ) untuk mendukung pelaksanaan tindakan tepat dalam perencanaan ,pelaksaan dan pemantauan kinerja sistem kesehatan,
berikut ulasan tentang organisasi dan manajemen kesehatan
Pengertian sistem informasi kesehatan ( SIR )
sistem informasi kesehatan merupakan suatu pengolahan informasi seluruh tingkat pemerintahan secara sistematis dalam rangka penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat .
sistem informasi kesehatan adalah gabungan perangkat dan proseur yang di gunakan untuk mengelola siklus informasi ( mulai dari pengumpulan data sampai pemberian umpan balik informasi ) untuk mendukung pelaksanaan tindakan tepat dalam perencanaan ,pelaksaan dan pemantauan kinerja sistem kesehatan,
berikut ulasan tentang organisasi dan manajemen kesehatan
PENGERTIAN ORGANISASI
Organisasi : adalah kerjasama beberapa kegiatan dari sejumlah orang (lebih dari satu org) untuk mencapai tujuan bersama
Visi, Misi, Nilai, Kebijakan dan Prosedur merupakan alat organisasi yang efektif untuk diinformasikan dalam komunikasi antar anggota dalam mencapai tujuan yang diharapkan
Setiap organisasi perlu menyusun visi, misi dan nilai dalam mencapai tujuan strategis sebagai dasar program dan kegiatan yang akan dilaksanakan
Visi, Misi, dan Nilai Organisasi
Visi : adalah ungkapan tentang gambaran ideal organisasi di masa mendatang
Misi : adalah ungkapan realistik tentang apa yang dilakukan organisasi pada saat ini (mengacu pd tugas dan fungsi organisasi) demi mencapai tujuan organisasi
Nilai : merupakan pernyataan ttg cara yg ditetapkan bagi anggota dalam mendukung jenis perilaku organisasi yg dikehendaki
PENGERTIAN MANAJEMEN
Manajemen Berasal dari bhs latin “Manui” = tangan yg pegang kendali kuda
menurut Mary Parker : manajemen adalah suatu seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain
menurut Stoner : Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan memimpin dan mengawasi usaha-usaha anggota organisasi dan sumber lainnya untuk mencapai tujuan organisasi yg telah ditetapkan
O & M UNIT RMIK
- Organogram Unit Kerja dapat bentuk struktural atau fungsional
- Organogram Unit Kerja RMIK biasanya disesuaikan dg kelas RS (A,B,C,D, dan RS Khusus)
- Berada pada tingkatan manajemen, dpt berupa sub-bagian (di bawah bagian), atau seksi (di bawah bidang) dan atau instalasi (lsg di bawah wakil direktur)
- Organogram pada tk provinsi/kabupaten berada di bagian sekretariat, pada sub-bag tata usaha atau sub-bag pencatatan dan pelaporan
- Organogram pada RS Swasta menyesuaikan kebijakan setempat
- Kebutuhan manajemen MIK di unit kerja dg jumlah staf > 20 org membutuhkan 3 (tiga) tingkatan manajer
1. Manajemen Supervisi (Supervisory management)
- Menjaga operasional organisasi di tingkat staf
- Memantau efektivitas pekerjaan harian dan kinerja staf agar sesuai standar yg ditetapkan
- Menata fungsi pekerjaan pada kelompok kerja skala kecil (jumlah staf 2-10 org)
- Berperan penting dalam melatih, rekrutmen dan retensi staf sesuai kebutuhan
- Keefektifan tercapainya produktivitas staf
- Penghitungan produktivitas dan biaya
2. Manajemen Tengah (Middle Management)
Tanggung Jawab :
- Mengembangkan, mengimplementasi dan merevisi kebijakan serta prosedur kerja atas arahan manajer eksekutif (MIK)
- Menjalankan rencana organisasi yg dikembangkan pada tingkatan eksekutif maupun badan penyantun
- Menyediakan informasi operasional yg dibutuhkan eksekutif dalam mengembangkan perencanaan yg bermakna bagi masa depan organisasi
- Tergantung hasil kerja supervisor dan staf dibwhnya, serta membutuhkan dukungan dari level eksekutif
3. Manajemen Eksekutif & Penguasaan (Executive Management & Governance)
Manajemen eksekutif di RS Ka Bag, Ka Instalasi
Badan penguasa Pemerintah cq Kemenkes
Badan penguasa Pemerintah cq Kemenkes
FUNGSI MANAJEMEN
- ; Renstra
- Pengorganisasian ; Pengelolaan SDM, Proses kerja
- Pengawasan ; Manajemen Mutu
- Pengambilan Keputusan ; Analisis masalah, Alternatif, Solusi
- Kepemimpinan ; Mobilisasi
SUPERVISI
Tujuan supervisi : Meningkatkan kinerja
Sistem Remunerasi ;
- kualifikasi pekerjaan
- penjenjangan jabatan,
- standar kinerja
- pemantauan produktivitas & efisiensi
Manajemen Mutu ;
- Manajemen Risiko
- Manajemen Utilisasi
- Audit internal
Kebijakan & Prosedur Supervisi
- Daftar istilah dan definisi
- Daftar Simbol dari pelaksanaan Komputerisasi
- Indeks Utama Pasien
- Akses Otomatisasi Komputerisasi Data
- Akses Rekam Kesehatan dan Pelepasan Informasi
- Register Pasien Masuk & Keluar , dst
PEDOMAN ORGANISASI DI RUMAH SAKIT
ACUAN
NOMOR 1045/MENKES/PER/XI/2006
TENTANG PEDOMAN ORGANISASI RUMAHSAKIT DI LINGKUNGAN DEPARTEMEN KESEHATAN
KLASIFIKASI RUMAH SAKIT
Klasifikasi Rumah sakit adalah pengelompokkan RS berdasarkan perbedaan yang bertingkat mengenai kemampuan pelayanan kesehatan yang dapat disediakan dan kapasitas sumber daya organisasi
TUGAS
NOMOR 1045/MENKES/PER/XI/2006
TENTANG PEDOMAN ORGANISASI RUMAHSAKIT DI LINGKUNGAN DEPARTEMEN KESEHATAN
KLASIFIKASI RUMAH SAKIT
Klasifikasi Rumah sakit adalah pengelompokkan RS berdasarkan perbedaan yang bertingkat mengenai kemampuan pelayanan kesehatan yang dapat disediakan dan kapasitas sumber daya organisasi
TUGAS
MATUR NUWUN
Terimakasih telah berkunjung ke http://parlanjogja.blogspot.com/ semoga bermanfaat
Comments